Komunikasi serial Arduino IDE (output ke input) pushbutton

KOMUNIKASI SERIAL INPUT ARDUINO


A. TUJUAN
1. Siswa dapat memahami cara penggunaan komunikasi serial dengan arduino
2. Siwa dapat membuat rangkain menggunakan komunikasi serial.
3. Siswa dapat mengetahui cara memprogram dengnan menggunakan kominikasi serial.


B. ALAT DAN BAHAN
1. 1 perangkat komputer
2. software arduino IDE
3. kabel banana jack
4. LED
5. protoboard
6. pushbutton
7. resistor
C. DESKRIPSI TUGAS
     Jika tombol 1 ditekan maka akan muncul tulisan "ON" pada serial monitor arduino dan led akan          nyala ,kemudian jika tombol   2 ditekan maka akan muncul tulisan "OFF" pada serial monitor              arduino dan led akan mati.

D. CARA KERJA
    1. Jika tombol 1 ditekan maka led akan nyala. 
    2. Jika tombol 2 ditekan maka  led akan mati.

E. LANGKAH KERJA
1. Nyalakan komputer, kemkudian buka arduino IDE.
2. Buat folder kosong untuk menempatkan file program tersebut.
3. Tuliskan proogram seperti dibawah ini,

int pb1 = 2;
int pb2 = 3;
int led = 8;
int led1 = 9;
int pushb1 = 0;
int pushb2 = 0;
int abc = 0;

void setup() {
pinMode(pb1,INPUT);
pinMode(pb2,INPUT);
pinMode(led,OUTPUT);
pinMode(led1,OUTPUT);
Serial.begin(9600);
}

void loop() {
  digitalWrite(led,LOW);
  digitalWrite(led1,LOW);
  abc = Serial.read();
  pushb1 = digitalRead(pb1);
  pushb2 = digitalRead(pb2);

  if(pushb1 == HIGH){nyala();}
  if(pushb2 == HIGH){mati();}
  if(abc == 'a'){nyala();}
  if(abc == 'b'){mati();}
   }

void mati(){
  mati:
  abc = Serial.read();
  pushb1 = digitalRead(pb1);
  pushb2 = digitalRead(pb2);

  if (pushb1 == HIGH){
   nyala();}
  digitalWrite(led,HIGH);
  digitalWrite(led1,HIGH);

  Serial.print("on");
  Serial.println();
  if (abc == 'a'){
    nyala();
    }
   goto mati;
}

void nyala(){
  nyala:
  abc = Serial.read();
  pushb1 = digitalRead(pb1);
  pushb2 = digitalRead(pb2);
  if (pushb2 == HIGH){
    mati();
    }

  digitalWrite(led,LOW);
  digitalWrite(led1,LOW);


   Serial.print("off");
   Serial.println();
   if (abc == 'b'){
    mati();
    }
   goto nyala;
}
4. Setelah selesai menulis program lalu tekan "verify"
5. jika tidak ada masalah atau kesalahan program maka tidak akan ada tulisan berwarna merah. kemudian tekan "upload".
 
pastiakan kabel usb sudah terhubung sebelum program di upload.
6. Lakukan simulasi/percobaan. hasilnya sebagai berikut.


F. KESIMPULAN
    Siswwa dapat membuat program dengan menggunakan komunikasi serial dari output ke input (pushbutton)  dan mengetahui cara membuat rangkaian dari program tersebut. 

    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar